Nyadran Dusun Jetis Dibangsal Makam Jetis Tengah

Lutfi Alfian 20 Maret 2023 05:26:48 WIB

Patalan - Minggu (19/3/2023) warga dusun Jetis mengadakan tradisi nyadran di Bangsal Makam Jetis Tengah. Nyadran adalah tradisi turun temurun yang dilaksanakan tiap tahun untuk menyambut datangnya Bulan Ramadhan, serta wujud syukur atas berkah yang diberikan oleh Sang Pencipta.

Di dusun Jetis sendiri tiap tahun pasti mengadakan Nyadran dengan melaksanakan kirim doa di Bangsal makam dan setiap warga membawa makanan yang di taruh di dalam besek yang terbuat dari anyaman bambu sebagai ciri khas nyadran di dusun Jetis.

Kerukunan serta hangatnya persaudaraan sangat terasa setiap kali tradisi Nyadran berlangsung. Nyadran yang telah dijaga selama ratusan tahun, mengajarkan untuk mengenang dan mengenal para leluhur, silsilah keluarga, serta memetik ajaran baik dari para pendahulu. Seperti pepatah Jawa kuno yang mengatakan "Mikul dhuwur mendem jero" yang kurang lebih memiliki makna “ajaran-ajaran yang baik kita junjung tinggi, yang dianggap kurang baik kita tanam-dalam"

Komentar atas Nyadran Dusun Jetis Dibangsal Makam Jetis Tengah

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License