Dekahan Malam Selikuran dusun Jetis dan Dusun Bakulan Wetan

Lutfi Alfian 12 April 2023 12:02:53 WIB

Patalan – Setiap memasuki  puasa Ramadhan yang ke 20 hari, warga Padukuhan Jetis rt 23 dan Padukuhan Bakulan Wetan Rt 07 mengadakan tradisi selikuran atau memperingati puasa yang ke 21. Tradisi ini sudah dilakukan sejak jaman dahulu dan masih dilestarikan sampai sekarang. Selasa, (11/4/2023) warga di 2 padukuhan ini melaksanakan kenduri selikuran. Tadisi ini merupakan tanda syukur kepada Allah SWT karena telah dapat melaksanakan  puasa sampai 21 hari dan semoga bisa terselesaikan sampai sebulan penuh. Serta dapat meningkatkan iman dan takwa kepada yang Maha Kuasa.

Tradisi selikuran ini dengan cara berkenduri bersama dan wajib dihadiri oleh seluruh warga dengan membawa nasi beserta lauk pauknya ditaruh didalam nampan. Nampan yang berisikan nasi dan lauk pauknya di taruh ditengah-tengah diantara warga yang duduk melingkar. Setelah itu didoakan oleh rois, kemudian dimakan bersama-sama.

Tradisi selikuran bukan hanya dilaksanakan di dua Padukuhan Jatis dan Bakulan Wetan saja, namun hampir seluruh Padukuhan yang ada di Kalurahan Patalan juga melaksanakan tradisi selikuran ini.

Komentar atas Dekahan Malam Selikuran dusun Jetis dan Dusun Bakulan Wetan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License