Pelatihan Posbindu Difabel

Lutfi Alfian 15 Desember 2023 10:00:52 WIB

Posbindu PTM (Penyakit Tidak Menular) merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Posbindu Disabilitas merupakan upaya kesehatan berbasis masyarakat yang dilaksanakan dari dan oleh masyarakat disabilitas yang meliputi promotif maupun  preventif. 

Posbindu Disabilitas dilaksanakan dalam rangka Usaha Pemerintah Kalurahan Patalan bekerja sama dengan Puskesmas Jetis II untuk memperhatikan  kesehatan, khususnya untuk disabilitas yang fokusnya pada screening PTM (Penyakit -Penyakit Tidak Menular). Harapannya agar difabel maupun yg mendampingi  lebih mengerti tentang kesehatan, pola makan, pola hidup dalam pencegahan PTM agar bisa lebih produktif lagi. Kegiatan ini dilaksanakan hari Kamis, (7/12/23) di Aula Kalurahan Patalan.

Selain membantu penyandang disabilitas dalam pelayanan kesehatan, mereka juga dilatih untuk pelatihan kaderisasi. Tujuannya adalah agar dapat mandiri dalam menjaga kesehatan masing-masing khususnya untuk PTM. “Saya lebih kepembentukan awal dan pelatihan kader, nanti tiap bulan bisa jalan sendiri, dengan pengawasan dari puskesmas. Harapannya agar dapat lebih memandirikan mereka untuk menjaga kesehatan masing-masing,” Kamituwo Kalurahan Patalan, Bapak Agus Dasa Ratnaka, S.E.

Komentar atas Pelatihan Posbindu Difabel

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License