Profil Wilayah Desa

31 Januari 2017 19:19:07 WIB

Kondisi Geografis Wilayah Desa

 

               Wilayah Desa Patalan memasuki wilayah Kecamatan Jetis Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dengan luas wilayah Desa Patalan 565.040 Ha. Wilayah Desa Patalan cocok untuk daerah pertanian, perikanan, peternakan, dan pemukiman. Letak Geografis Desa Patalan berada di wilayah timur Kabupaten Bantul dan sebelah selatan pusat kota Yogyakarta. Jarak tempuh ke Ibu Kota Kecamatan Jetis sejauh 5 km dengan lama tempuh 10 menit. Jarak tempuh ke Ibu Kota Kabupaten Bantul sejauh 8 km dengan lama tempuh sekitar 15 menit. Jarak tempuh ke Ibu Kota Provinsi DIY sejauh 20 km dengan waktu tempuh 35 menit.

               Berdasarkan topografi Desa Patalan memiliki karakter beraneka ragam antara lain terletak di ketinggian 8 mdpl. Jenis yang ada di Desa Patalan adalah iklim tropis rata-rata suhu 28oC, sedangkan suhu maksimum bisa mencapai 32oC.

 

 

Batas Wilayah Desa

 

Desa Patalan memiliki batas wilayah sebagai berikut :

1. Sebelah Utara : Desa Sabdodadi, Kecamatan Bantul
2. Sebelah Timur : Desa Canden, Kecamatan Jetis
3. Sebelah Selatan  : Desa Srihardono, Kecamatan Pundong
4. Sebelah Barat : Desa Sumbermulyo, Kecamatan Trirenggo
     

 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License