Sinau Pancasila Dan Wawasan Kebangsaan

Lutfi Alfian 09 November 2022 13:48:11 WIB

Pancasila merupakan warisan dari pendiri bangsa yang mengacu pada nilai-nilai leluhur, Pancasila merupakan pedoman kehidupan bangsa negara Indonesia. Pancasila juga sebagai pilar ideologi negara Indonesia. Munculnya fenomena yang dapat mengancam ideologi Negara saat ini sudah terlihat dimana-mana baik
dikalangan masyarakat maupun pelajar.

Maka dari itu kegiatan Sinau Pancasila dan Wawasan Kebangsaan sangat penting dilaksanakan
karena diharapkan dapat menguatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di wilayah Kalurahan Patalan, sehingga dapat tercapai kehidupan berbangsa bertanah air yang selaras dengan nilai-nilai Pancasila serta cita-cita luhur bangsa.

Pemerintah Kalurahan Patalan hari ini (09/11/22) menyelenggarakan Kegiatan Sinau Pancasila dan Wawasan Kebangsaan atas fasilitasi dari Badan Kesbangpol Kabupaten Bantul. Hadir dalam acara siswa pelajar SMA N 1 Jetis, kader PKK, Karang Taruna Margatama Patalan, Perwakilan Pemerintah Kalurahan (Dukuh), Perwakilan Kapanewon Jetis. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Pembacaan Teks Pancasila, Pembacaan Teks UUD 1945 dan dilanjutkan dengan pemaparan materi.

Pemaparan materi oleh narasumber dengan menyampaikan terkait 4 pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Kita sebagai rakyat Indonesia, sangat penting untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini sesuai dengan cita-cita serta tujuan nasional yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

Komentar atas Sinau Pancasila Dan Wawasan Kebangsaan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License