Produk Unggulan Kalurahan Patalan

Della Yusnita 20 Januari 2023 12:34:02 WIB

Kalurahan Patalan merupakan salah satu desa di Kabupaten Bantul yang secara umum wilayahnya terletak di dataran rendah dengan kondisi tanah yang relatif subur untuk pertanian, sehiingga masyarakat masih banyak yang menggantungkan hidupnya dari bertani. Pertanian di Patalan termasuk menjadi salah satu pendukung lumbung pangan di Kabupaten Bantul. Dibentuknya kelompok kelompok masyarakat mulai dari Gapoktan, KWT, dan Taruna Tani didukung dengan hadirnya pemerintah dan swasta yang membuat pertanian di Patalan dapat menghasilkan hasil yang baik. Saat ini dari Gapoktan Patalan sudah dapat memproduksi beras dan sudah mendapatkan brand sendiri yaitu beras bantul asli Gapoktan “Patalan”.

Selain dalam bidang pertanian di Patalan juga terdapat kelompok masyarakat di bidang peternakan dan perikanan. Dan terdapat pasar hewan di Patalan yang termasuk ramai dan buka (pasaran) tiap selapan sekali. Untuk bidang perikanan sendiri banyak masyarakat yang membudidaya secara mandiri dan dibantu oleh pemerintah desa, termasuk pada tahun ini salah satu program dari LPMD Patalan yaitu pemberdayaan masyarakat dalam budidaya lele.

Di bidang kuliner, Patalan tidak kalah beragam dengan desa lain. Di Bantul sendiri makanan khas salah satunya adalah gethuk, dan di Dusun Karangasem terdapat pemproduksi gethuk khas dari tahun ke tahun secara turun temurun. Selain itu juga ada makanan khas lainnya yaiu “mides” yang dapat diartikan mie pedes atau ada juga yang mengartikan mie ndeso. Di Patalan terdapat 2 tempat yang menjajakkan mides dengan khasnya masing-masing dan merupakan keturunan langsung dari cikal bakal mides Bantul.

Komentar atas Produk Unggulan Kalurahan Patalan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License